PEDULI UMKM!!! MAHASISWA KKN K-4 UNIVERSITAS BOYOLALI KENALKAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM


Boyolali || Growmedia-indo.com Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia serta menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia. 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. 

Namun demikian UMKM tetap perlu didorong agar dapat bersaing dan tetap eksis dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi di era ekonomi digital seperti saat ini. 

Dari hal ini yang mendorong kepedulian mahasiswa KKN Kelompok 4 Universitas Boyolali mengadakan sosialisasi digital marketing bagi pelaku UMKM di Desa Jelok Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali yang dihadiri Kepala Desa bersama 22 pelaku UMKM di Desa Jelok, bertempat di balai desa Jelok pada Sabtu, (18/11/2023) 

Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut supaya pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasarnya dan meningkatkan daya saing.



Dalam paparannya peserta diberi penjelasan terkait antara lain tren digital marketing di seluruh dunia, perbedaan antara digital marketing dan tradisional marketing, strategi pemasaran digital, keunggulan dan manfaat menggunakan digital marketing. 

Selama sosialisasi berlangsung, peserta sangat semangat dan antusias bertanya pada sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaannya mengenai pendampingan. 

Pelaku UMKM berharap setelah kegiatan sosialisasi ini tetap adanya pendampingan kepada mereka agar betul-betul dapat memanfaatkan digital marketing supaya produknya dapat lebih dikenal.



Sumber : KKN UBY K-4 Desa Jelok, Cepogo, Boyolali

0 Komentar