Pencegahan Masuknya Barang Penyelundupan di Perairan Tanjung Balai


 

Growmedia-indo.com,Tanjung Balai  - 

Satpolair Polres Tanjungbalai dipimpin Tim Regu I Aiptu Sarianto dan Bripka AS Damanik menggunakan Kapal Patroli II-1014 patroli perairan Monitoring Pelabuhan Warga di Sepanjang Perairan untuk mencegah masuknya narkoba, PMI ilegal, barang ilegal, ball press dan narkoba melalui jalur perairan wilayah hukum polres tanjungbalai, Rabu (21/06/2023).

Kapolres Tanjungbalai AKBP. Ahmad Yusuf Afandi SIK MM mengatakan dalam patroli perairan ini Sat Pol Air mengawasi kapal motor atau memeriksa kapal nelayan yang sedang melintas di sungai Asahan. Target operasi mencegah agar tidak terjadi Kejahatan seperti kejahatan perdagangan orang (TPPO), penyalahgunaan narkoba, ball press atau Tindak Pidana lainnya.

"Bila ada ditemukan tindak Pidana atau tindakan kriminalitas, maka petugas patroli perairan melakukan tindakan hukum yang tegas terhadap Para pelaku sesuai dengan UU dan Peraturan Pemerintah yang berlaku,"kata Kapolres Tanjungbalai.Operasi dilakukan tepatnya pada Kamis 22 Juni 2023 pukul 05.00 WIB dengan menggunakan Kapal Patroli II-1014 Sat Polairud Polres Tanjung Balai.team regu I di awaki Aiptu Sariatno dan Bripka S Damanik.

"Personel melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjung Balai, diposisi/koordinat: N = 2° 59' 21,1416", E = 99° 50' 17,9124","ujar Kapolres Tanjungbalai.

Kapal tersebut berhasil dirapati selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap kapal, muatan, ABK dan nahkoda.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kapal tersebut tanpa nama dan tanda selar dinakhodai Sayahlan dengan jumlah abk tiga orang bermuatan fiber berisi ikan namun tidak ditemukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

"Selanjutnya kepada nahkoda diberi himbauan dan arahan agar mengurus dan melengkapi dokumen kapalnya, memeriksa Body dan mesin kapal sebelum berangkat ke laut, agar selalu waspada dan menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut,"kata Kapolres Tanjungbalai


Sumber: Tribun.com

0 Komentar