5 Fakta Ucapan Terakhir Ibu dari 4 Anak yang Ditemukan Hidup di Hutan Amazon

 

GROW MEDIA – Kisah empat anak yang ditemukan hidup di Hutan AmazonKolombia terus menarik perhatian banyak orang. Salah satu hal yang memilukan yakni saat sang ibu meminta keempat anaknya itu untuk pergi menyelamatkan diri.

Seperti diketahui, empat bersaudara, berusia 13, sembilan, lima, dan satu tahun, diselamatkan dan diterbangkan keluar dari hutan pada Jumat, (9/6/2023). Mereka kemudian dipindahkan ke rumah sakit militer di ibu kota negara, Bogota.

Berikut lima fakta tentang kata-kata terakhir sang ibu sebelum meninggal:

1. Minta anak-anaknya pergi selamatkan diri

Sang ibu, Magdalena Mucutuy menyuruh keempat anak-anaknya pergi dan mencari bantuan saat dia terbaring sekarat.

Ayah anak-anak itu, Manuel Ranoque, mengatakan putri sulungnya mengatakan kepadanya bahwa ibu mereka mendesak mereka untuk "pergi" dan menyelamatkan diri.

"Satu hal yang (Lesly yang berusia 13 tahun) jelaskan kepada saya adalah, faktanya, ibunya masih hidup selama empat hari," kata Ranoque kepada wartawan di luar rumah sakit, dikutip BBC.

"Sebelum dia meninggal, ibu mereka memberi tahu mereka sesuatu seperti, 'Kalian keluar dari sini. Kalian akan melihat pria seperti apa ayahmu, dan dia akan menunjukkan cinta yang sama seperti yang telah saya tunjukkan kamu," katanya.

2. Ditemukan tim penyelamat

Petugas penyelamat Nicolás Ordóñez Gomes mengenang saat mereka menemukan anak-anak itu.

"Putri tertua, Lesly, dengan si kecil di pelukannya, berlari ke arahku. Lesly berkata: 'Aku lapar,'" katanya kepada saluran siaran publik RTVC.

"Salah satu dari dua anak laki-laki itu sedang berbaring. Dia bangun dan berkata kepada saya: 'Ibuku sudah meninggal,” lanjutnya.

Anak-anak itu adalah anggota kelompok pribumi Huitoto dan kakek mereka mengatakan kepada media Kolombia bahwa pengetahuan mereka tentang buah dan biji yang dapat dimakan adalah kunci kelangsungan hidup mereka.

Anak tertua, Lesly yang berusia 13 tahun, telah berjasa menjaga saudara-saudaranya tetap hidup.

3. Bangun tenda kecil

Henry Guerrero, seorang lelaki pribumi yang menjadi bagian dari tim yang akhirnya menemukan anak-anak itu, mengatakan mereka berhasil membangun tempat penampungan kecil.

Keempat anak itu membuat tenda kecil dari terpal dan meletakkan handuk di tanah. Mereka selalu tinggal di dekat sungai. Lalu anak pertama Lesly membawa botol soda kecil untuk diisi air dari sungai.

4. Anak-anak terlihat kurus kering

Dalam rekaman yang dirilis pada Minggu, (11/6/2023) tentang penyelamatan anak-anak, keempat bersaudara itu tampak kurus kering selama berminggu-minggu yang mereka habiskan untuk menjaga diri mereka sendiri di alam liar.

Mucutuy dan anak-anaknya telah melakukan perjalanan dengan pesawat Cessna 206 dari Araracuara, di provinsi Amazonas, ke San José del Guaviare, pada 1 Mei lalu. Rencana mereka adalah untuk bergabung dengan ayah dari anak-anak tersebut, yang telah meninggalkan rumah mereka setelah menerima ancaman dari kelompok pemberontak.

Namun, pesawat yang mereka tumpangi jatuh di hutan Amazon di selatan Kolombia setelah mengalami kerusakan mesin. Tim pencari membutuhkan waktu dua minggu untuk menemukan reruntuhan pesawat.

5. Anak-anak sangat lemah saat ditemukan

Kakek anak-anak itu, Fidencio Valencia, mengatakan kondisi mereka sangat lemah. Mereka mengalai luka kecil dan memar, termasuk penyakit yang mereka derita di hutan. Tetapi secara keseluruhan mereka baik-baik saja.

Dia menambahkan bahwa sekantong tepung singkong yang ditemukan anak-anak di pesawat telah menopang mereka selama minggu-minggu pertama.

Mereka dirawat di rumah sakit karena kekurangan gizi dan dehidrasi dan telah dikunjungi oleh keluarga mereka dan anggota operasi pencarian.


Sumber: Okezone

0 Komentar