Tanggapi Din Syamsudin, PAN : Pemimpin Tak Bisa Diukur Hanya Dari Umur



              Jakarta,growmedia-indo.com

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menilai pemimpin jangan terlalu muda dan tua. PAN menyebut pemimpin tidak bisa diukur dari satu variabel.


"Seorang pemimpin itu tidak bisa diukur dari satu variabel saja, yaitu menafsirkan umur secara kuantitatif dalam bentuk angka," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, Sabtu (3/11/2023).

Bagi Viva Yoga, pemimpin itu harus memiliki kualifikasi spesifik yang melekat dengan dirinya. Viva menyebut beberapa kualifikasi tersebut.

"Kualifikasi itu di antaranya, memiliki integritas pribadi yang baik, visi yang jelas dan futuristik, kompetensi dan kapasitas, pengalaman empiris, cinta tanah air dan rakyat, serta memiliki nilai leadership yang tangguh dan kuat," katanya.

"Beberapa variabel itu tidak bisa dibatasi oleh umur yang bersifat kuantitatif. Bisa saja yang muda usia tapi tangguh dan memiliki inovasi, yang tua usia lebih berpengalaman, wise, sabar; dan semakin kreatif," katanya.

Seperti diketahui, Bacapres Prabowo Subianto berumur 71 tahun. Sementara pasangannya, Bacawapres Gibran Rakabuming Raka, berumur 36 tahun.

"Dari pernyataannya Pak Din, beliau tidak mendukung Pak Prabowo dan Mas Gibran ya," katanya.

Din Singgung Pemimpin Jangan Terlalu Tua dan Muda
Din menyebut Anies Baswedan dan Cak Imin sebagai tokoh muda. Din pun menyebut kedua orang itu belum tua.

"Keduanya bisa dianggap sebagai tokoh muda atau aktivis organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, jadi belum tua. Rambutnya saja masih hitam," ujar Din Syamsuddin.

Hal itu disampaikan Din Syamsuddin saat bertemu Ketum PKB sekaligus bakal cawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).



Sumber : Detik

0 Komentar