Pemko Pematang Siantar Akan Laksanakan 10 Penambahan Titik CCTV Di Tiap Persimpangan Jalan Utama



Pematangsiantar, Growmedia.com - 

Kadis Kominfo Johannes Sihombing mengungkapkan hal itu saat rapat kerja (Raker) dengan Komisi III DPRD di ruang rapat Komisi III, gedung DPRD, Jl. Adam Malik, Jumat (15/9).

Raker itu merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan rapat paripurna VII DPRD dalam pembahasan Ranperda Pematangsiantar tentang PAPBD TA 2023, dimana dalam rapat paripurna DPRD sebelumnya FPDIP DPRD menyampaikan pemandangan umum atas pengantar nota keuangan Wali Kota pada poin tiga yang memuat topik terkait CCTV pemantauan yang pengelolanya Dinas Kominfo. 


Ketua Komisi III DPRD Denny TH Siahaan memimpin Raker yang berlangsung cukup serius dan berisi diskusi serta tanya jawab. Masing-masing anggota Komisi III DPRD yang hadir mengajukan pertanyaan dan menyampaikan masukan atas rencana kerja Dinas Kominfo pada PAPBD TA 2023.


Johannes memaparkan rencana kerja yang akan Pemko lakukan menjelang akhir 2023 yang akan menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo.


Mengenai rencana 10 lokasi CCTV itu, Johannes menyebutkan lokasinya di persimpangan Jl. Parapat-Jl. Sidamanik, persimpangan Jl. Melanthon Siregar-Jl. Farel Pasaribu, Simpang Empat, persimpangan Jl. Sutomo-Jl. Surabaya dan Jl. Sutomo depan Ramayana. 


Kemudian, persimpangan Jl. Jend. Ahmad Yani-Jl. Patuan Anggi, persimpangan Jl. Sisingamangaraja-Jl. Bali, persimpangan Jl. Sisingamangaraja-Jl. Patuan Nagari, bekas terminal Sukadame Parluasan dan jembatan Sigagak. 


Menurut Johannes, pemilihan itu berdasar atas skala prioritas kebutuhan pemantauan kepadatan lalu lintas lokasi titik keluar masuk Pematangsiantar, lokasi pos pemantauan kegiatan Operasi Ketupat dan Nataru yang tiap tahun pelaksanaannya serta memperhatikan pertimbangan teknis berupa ketersediaan internet, listrik dan ketersediaan LPJU. 


Pembaharuan Command Center sebagai ruang kendali CCTV Pelintas, lanjut Johannes, juga menjadi prioritas pada Dinas Kominfo, mengingat beberapa alat membutuhkan perbaikan dan upgrade. 


“Pemko dan DPRD memiliki pandangan yang sama atas kebutuhan CCTV pemantauan ini dalam mewujudkan dan mengimplementasikan Smart City di Pematangsiantar. Kita terus berbenah dan mewujudkan inovasi demi inovasi untuk peningkatan kualitas layanan publik dan pemerintah di Pematangsiantar,” sebut Johannes. 


Sebelumnya, Johannes menyebutkan melalui Dinas Kominfo pada 2022 dan 2023 telah mengadakan enam titik CCTV Pelintas dan enam titik itu di Simpang Dua, Simpang Rambung Merah, Simpang Sambo, Jl. Merdeka (depan Balai Kota), Jl. Jend. Sudirman (depan BRI) dan Jl. Kapten MH. Sitorus (perempatan kantor Satpol PP). 


Johannes menambahkan seluruh kamera CCTV itu dapat mengaksesnya secara live melalui website Pemko pada tautan cctv.pematangsiantar.co.id, sedang media penyimpanan rekaman CCTV itu berada di ruang Command Center Pemko. 


Tampak hadir para pejabat struktural dan fungsional Dinas Kominfo, Sekretaris Komisi III DPRD Astronout Nainggolan dan lainnya. (a28)

Sumber : Waspada.id


0 Komentar