3 Jenis Beras Yang Bikin Gula Darah Rendah, Berikut Daftarnya



Jakarta, Growmedia.com - 

Konsumsi nasi kerap dikhawatirkan penderita diabetes karena bisa memicu kenaikan gula darah. Untuk pilihan lebih aman, coba konsumsi jenis beras yang tak bikin gula darah naik. Ini daftarnya.

Kadar gula darah perlu dijaga oleh seseorang, terutama penderita diabetes. Jangan sampai kadarnya berlebih hingga membahayakan kesehatan. Salah satu caranya dengan mengamati pola konsumsi harian.


Batasi konsumsi nasi putih karena bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Sebagai alternatif, ada beberapa jenis beras yang cukup aman dikonsumsi para penderita diabetes.

1. Beras merah

Bukan rahasia lagi, beras merah selalu jadi pilihan yang lebih sehat. Beras ini kaya akan serat.


Dokter gizi Johanes Casay Chandrawinata mengatakan, kandungan serat pada beras merah bisa memicu perasaan kenyang lebih lama. Serat juga memperlancar metabolisme dan sistem pencernaan.


"Beras ini cocok untuk yang diet atau ingin menurunkan gula darah," ujar Johanes dalam sebuah wawancara dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

2. Beras Hitam

Selain beras merah, Anda juga bisa mencoba beras hitam. Jenis beras satu ini kaya antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis kerusakan akibat paparan radikal bebas, termasuk di antaranya diabetes.


Sama seperti beras merah, beras hitam juga memicu rasa kenyang yang bertahan lama. Anda tak perlu khawatir kembali lapar dan makan terlalu banyak.

3. Beras basmati

Beras satu ini biasa digunakan untuk membuat sajian nasi kebuli. Beras ini juga cocok untuk penderita diabetes.


Beras basmati mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium sendiri berperan dalam regulasi insulin.


Dengan mengonsumsi beras basmati, produksi insulin bisa menjadi lebih baik dan mencegah kenaikan gula darah.


Sumber : Food.detik.com





0 Komentar