Malam Ini, KPU Undi Nomor Urut Capres-Cawapres



             Jakarta,growmedia-indo.com,
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Malam ini, KPU akan mengundi nomor urut ketiga pasangan capres-cawapres tersebut.

Pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di gelar di kantor KPU, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB, Selasa (14/11/2023). KPU akan mengundang pasangan calon tetap dan parpol pengusung untuk hadir dalam pengundian nomor urut tersebut.

Selain itu, KPU juga mengundang para stakeholder terkait lainnya untuk hadir dalam acara pengundian nomor urut. Pengundian nomor urut dilakukan secara terbuka dan disiarkan langsung melalui akun YouTube KPU RI.

"Di pengundian nomor urut pasangan calon capres cawapres tidak hanya parpol peserta beserta pasangan calonnya (yang diundang), kami juga mengundang penyelenggara pemilu, Bawaslu, DKPP dan para stakeholder lainnya," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan.

Diawali Gala Dinner

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menerangkan rangkaian acara pengundian nomor urut dimulai dengan gala dinner atau makan malam bersama. Hasyim mengatakan nantinya KPU akan memberikan undangan bagi masing-masing pasangan capres-cawapres beserta parpol pengusungnya.

"Jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan mendaftarkan masing-masing pasangan calon," kata Hasyim di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Hasyim menerangkan kuota tamu undangan sebanyak 150 orang. Usai makan malam, kemudian dilakukan rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut.

Setelahnya, masing-masing pasangan calon akan diberi waktu 10 menit untuk menyampaikan sambutan.

"Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan pleno terbuka pengambilan nomor urut, pengundian nomor urut penetapan nomor urut masing-masing paslon, setelah itu kami berikan kesempatan bagi masing-masing paslon sekitar 10 menit untuk menyampaikan kata sambutan," paparnya.



Sumber : Detik

0 Komentar