kebakaran di Hutan Taman Raya Bukit barisan Berastagi Mengalami Kebakaran

 


Grow Media,KARO - Kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan Berastagi, mengalami kebakaran, Senin (5/6/2023).

Berdasarkan informasi yang didapat, kawasan hutan yang terbakar ini masuk ke dalam wilayah Desa Doulu, Berastagi. 


Saat dikonfirmasi, Kanit Reskrim Polsekta Berastagi Iptu Pernandos Manik, mengungkapkan pihaknya mendapatkan informasi awal tentang kebakaran ini sekira pukul 19.00 WIB malam.


Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, pihaknya langsung bergerak ke lokasi untuk mengecek kondisi di lapangan. 

"Tadi malam kita dapat informasi adanya kebakaran lahan di kawasan Desa Doulu, pada pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, kita berkoordinasi dengan pihak terkait dan selanjutnya kita bergerak ke lokasi," Ujar Pernandos, Selasa (6/6/2023). 


Dikatakan Pernandos, saat pihaknya tiba di lokasi dan dilakukan pengecekan awal pihaknya melihat lahan yang terbakar sebelumnya ditanami bambu.

Untuk luas lahan yang terbakar, pihaknya memperkirakan totalnya seluas 5000 meter (1/2 hektar). 

"Saat kita cek, ada enam titik lokasi yang mengalami kebakaran. Untuk totalnya, kita perkirakan seluas setengah hektar," ucapnya. 

Dalam proses pemadaman api yang membakar lahan tersebut, pihak Polres Tanah Karo bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Karo yang ada di Pos Berastagi.


Setibanya di lokasi kejadian, personel gabungan langsung melakukan pemadaman api di bantu  Kepala Desa Doulu dan beberapa warga Desa Doulu.

Setelah berusaha melakukan upaya pemadaman sekitar lebih dari satu jam, akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 20.45 WIB. 


"Kita bersama tim gabungan terus melakukan upaya pemadaman, dan akhirnya kita berhasil memadamkan api sekitar pukul 20.45 WIB," katanya. 

Atas kejadian malam tadi, dirinya menjelaskan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi untuk dimintai keterangan.

Selain itu, dari lokasi kejadian, pihaknya juga mengumpulkan beberapa alat bukti guna dilakukan pengembangan lebih lanjut. 


Akibat dari peristiwa kebakaran ini, tidak ditemukan adanya korban jiwa dikarenakan yang terbakar memang merupakan kawasan hutan.

Untuk saat ini, personel Polres Tanah Karo masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran.


Sumber dari: Tribun.com


0 Komentar