2 Pejabat Rusi yang Diduga Korupsi Ditangkap

 


Jakarta, Growmedia-indo.online-

Rusia pada hari Kamis menangkap seorang jenderal dan seorang pejabat tinggi pertahanan. Mereka dituduhan korupsi dan "penyalahgunaan kekuasaan."
Dilansir AFP, Kamis (23/5/2024) Kremlin membantah pihaknya melakukan pembersihan terhadap pejabat tinggi militer, namun beberapa blogger militer berpengaruh di Rusia menyambut baik penangkapan seorang jenderal yang mereka anggap bertanggung jawab atas kegagalan medan perang dalam serangan dua tahun di Ukraina.

Komite Investigasi Moskow yang berkuasa mengatakan Vadim Shamarin, wakil kepala Staf Umum Rusia, telah ditahan karena dicurigai menerima suap dalam skala besar.

Komite tersebut menuduh Shamarin telah menerima suap selama bertahun-tahun dari sebuah pabrik di kota Perm, Ural, dan mengatakan bahwa dia telah menerima suap sebesar 36 juta rubel (364.000 euro) sebagai imbalan untuk meningkatkan kontrak pemerintah.

Dikatakan bahwa dia telah ditempatkan dalam tahanan pra-persidangan.

Pada hari Kamis, komite mengumumkan penangkapan Vladimir Verteletsky - seorang pejabat dari departemen kementerian pertahanan untuk memastikan ketertiban negara.

Dikatakan Verteletsky "dituduh menyalahgunakan kekuasaan resminya" dan juga ditahan.

Penyelidik menuduh Verteletsky menerima suap sehubungan dengan kontrak pemerintah pada tahun 2022, tahun pertama serangan Moskow.

Dikatakan bahwa dugaan pelanggaran tersebut telah merugikan negara "lebih dari 70 juta rubel" (706.000 euro).

Kritikus dan tokoh oposisi selama bertahun-tahun mengatakan militer Rusia penuh dengan korupsi, meskipun para pemimpinnya jarang menghadapi penyelidikan atau pembalasan yang serius.


Sumber: detik.com

0 Komentar