rapat koordinasi perubahaan iklim pulau sumatera



PALEMBANG,growmedia indo.Com Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Rapat Koordinasi Teknis Pengendalian Perubahan Iklim (Rakornis PPI) Regional Sumatera, secara daring dan luring di Kota Palembang.

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI), Laksmi Dhewanthi mengatakan, Rakornis ini mengambi; tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Pencapaian Target NDC, Melalui Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Tingkat Tapak".

"Dengan Rakornis PPI ini, diharapkan dapat lebih memperkuat kolaborasi Pemerintah, masyarakat, akademisi, dan swasta dalam implementasi aksi iklim di tingkat tapak, khususnya di Pulau Sumatera."

"Dinamika pengendalian iklim tingkat nasional, suhu global ditargetkan tidak lebih dari 1,5 derajat celcius di akhir abad Ini."

"Ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana yang dahsyat," kata Laksmi, Selasa (30/1/2024).

Seperti yang diketahui, saat ini intensitas hujan tinggi yang mengakibatkan banjir dan longsor terjadi di beberapa wilayah, termasuk di Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk itu, ia merasa perlu adanya kolaborasi dan sinergi guna merespon perubahan iklim, serta mendukung tercapainya pengurangan emisi gas rumah kaca dan ketahanan iklim di Indonesia.

Hal ini akan terjadi kalau tidak dilakukan aksi mitigasi dan adaptasi, jika tidak ada pengurangan emisi gas rumah kaca secara besar-besaran," ungkapnya.

Menurutnya, sebagai bagian dari Pemerintahan yang terletak dekat dengan aksi-aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pemerintah daerah sangat berperan dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan peningkatan ketahanan iklim.

Dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC), Indonesia mentargetkan pengurangan emisi 31.89 persen di tahun 2030 mendatang dengan target dukungan internasional sebesar 43.20 persen."

"Mengingat target NDC mitigasi dan adaptasi mencakup banyak sektor di kementerian/lembaga dan lintas OPD di provinsi dan kabupaten/kota, maka diharapkan Bapak dan Ibu untuk bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut," ujarnya.(ah) 

0 Komentar