Bupati Tanggamus HJ Dewi Handajani Menghadiri Kegiatan Gerakan Bersih Pantai


 Growmedia-Indo.Com.Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Kegiatan Gerakan Bersih Pantai Dalam Rangka Memperingati Hari Kelautan Nasional Tahun 2023. Dengan Tema " jaga Laut, Tidak Hanya Untuk Kita  Tetapi Juga Untuk Generasi Mendatang. Di Pantai Muara Indah Kota Agung. Jum'at 14/7/2023.


Kegiatan gerakan bersih pantai tersebut diawali dengan pemberian kartu Asuransi dan BPJS kesehatan kepada para nelayan dilanjutkan dengan Penanda tanganan komitmen bersama terhadap kebersihan pantai dan lingkungan oleh seluruh jajaran pemerintah daerah serta Penanaman pohon oleh bupati tanggamus dan ketua darmawanita tanggamus.


Hadir juga dalam kegiatan, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Forkopimda, Para Asisten, Ketua Dharma Wanita Tanggamus Nur'aini Lubis, Para OPD, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Sekretariat DPRD, Bagian Hukum Sekretariat, Para Mahasiswa KKN, Para Nelayan dan Masyarakat Kotaagung Setempat.


Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Saya menyambut gembira dan apresiasi diadakannya kegiatan ini, yang merupakan momentum untuk terus melestarikan budaya kerja bakti secara gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan yang dalam hal ini adalah kebersihan pantai, agar bebas dari pencemaran dan polusi. Karena kebersihan itu termasuk bagian dari iman. Mari kita ciptakan Tanggamus yang bersih, nyaman dan tidak ada polusi.


Kegiatan kita pagi ini juga dalam rangka memperingati Hari Kelautan Nasional Tahun 2023, dimana setiap tanggal 2 Juli, negara kita memperingatinya. Untuk itu Saya atas nama Pribadi dan Pemda Tanggamus Mengucapkan Selamat Hari Kelautan Nasional Tahun 2023 kepada para stakeholder kelautan dan juga kepada kita semua. Saudara-saudara yang saya hormati,


Adapun tujuan kita lakukan Gerakan Bersih Pantai ini adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat terutama kita selaku ASN atau aparatur pelayan publik, yang harus menjadi contoh dan teladan bagi warga sekitar, agar lebih peduli dengan lautan dan pantai diwilayah kita sendiri. Terlebih kawasan Muara Indah ini merupakan Kawasan Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Tanggamus, kalau bukan kita yang menjaga lingkungannya lalu siapa lagi? Ki Mak Kham Sapa Lagi. Ki Mak Ganta Kapan Lagi.


Lanjut bupati, Hari Kelautan Nasional yang kita peringati ini, menjadi momentum refleksi bersama untuk meningkatkan kesadaran pentingnya ekosistem laut. Sumber daya laut kita yang melimpah terdiri atas ikan dan terumbu karang, wajib untuk selalu dijaga dan dilestarikan.


Harapan bupati, yang harus kita lakukan diantaranya yaitu perlunya Aksi Pengurangan sampah yang berasal dari Produk, Wadah dan/atau Kemasan, yakni melalui pendekatan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) sebagai upaya mengatasi sampah dari wadah/ kemasan yang sulit dikumpulkan, tidak bernilai ekonomis dan sulit didaur ulang, serta menghindari potensi cemaran dari wadah/kemasan berbahan PVC atau plastik dan karbon.


Kegiatan ini secara tidak langsung juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025, sebagaimana amanah Perpres Nomor 97 Tahun 2017 yang telah ditindaklanjuti dalam Peraturan Bupati Targgamus Nomor 50 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan 31/10/ Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.


Saya menghimbau kepada Saudara Camat/Lurah/Kakon/Kepala Instansi dan lain-lainnya, untuk Menyediakan sarana dan prasarana persampahan di lingkungan RT/RW, Menyediakan sarana dan prasarana persampahan dipusat keramaian, Menyediakan spanduk terkait himbauan bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, Melibatkan peran serta masyarakat untuk melaksanakan kegiatan bersih lingkungan terutama didaerah pantai, pemukiman aliran sungai/selokan dan Mengurangi pemakaian bahan plastik dalam aktivitas sehari-hari. "Tutup Bupati".


PLT Kepala Dinas Perikanan Suyanto dalam wawancara nya, Pada hari ini kita melaksanakan bersih- bersih pantai dalam rangka Hari Kelautan Nasional (HKN) 2023, yang kita tau  kita punya  banyak garis pantai yang harus kita jaga dan kita rawat dan ada 200 Kg meter pantai kita dan tentu ini menjadi aset kita apa lagi di samping kita ini adalah pantai wisata Muara indah.


Kita bergembira dari seluruh komponen komunitas masyarakat pemuda ini bahu membahu melaksanakan kegitan bersih bersih pantai ini juga nanti akan di rangkai dengan kegiatan sukuran laut yang akan kita gelar insya allah pada tanggal satu dan dua bulan depan yang ini nanti akan di helat oleh nelayan disepanjang pantai kotaagung kemudian akan di komandoi oleh kawan Himpunan nelayan Kotaagung nasional indonesia seluruh kabupaten Tanggamus.


Harapannya ini kan menjadi pemicu pentingnya kebersihan lingkungan terutama pada pantai pantai kita nanti akan ada upaya upaya lanjutan untuk  mengedukasi masyarakat Karan Memeng sampah sampah yang ada di pantai ini ini disinyalir tidak hanya datang dari pesisir  tetapi ini justru dari Hulunya yang membuang sampah sembarang pada selokan  Siring  lalu menuju kemuara dan menuju ke pantai kita dan nanti akan ada kerja sma yang baik antara kami dan dinas kelautan  dan unsur lingkungan hidup dan juga pihak kecamatan dan kelurahan  bagaian kita memaksimalkan nya.


0 Komentar